Sunday, November 30, 2008

Who am I ??

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat pertanyaan ini. Who am I? Siapakah saya? Hemm.. jika anda yang mendapat pertanyaan ini, apa jawaban anda? Apakah anda dapat dengan mudah menggambarkan diri anda, kepribadian anda, cita-cita dan mimpi anda? Apakah anda tahu jawabannya?

Kenapa harus ada pertanyaan itu? Tidak dapatkah kita menjalani hidup tanpa berpikir, mengalir seperti air dan menghanyutkan diri dalam segala kejadian di sekeliling kita? Bisakah kita menjadi zombie, berpusat pada ego pribadi dan terus maju tanpa perlu mempertanyakan hakikat keberadaan kita di dunia?

Saya jadi ingat pernyataan dari filsuf besar masa lalu, Rene Descartes di abad ketujuh belas. "Cogitu Ergo Sum". Yang dalam bahasa Indonesia berarti "Saya berpikir maka saya ada". Saya berpikir, maka saya ada. Maksud yang saya tangkap adalah adalah "saya adalah apa yang saya pikirkan".

Belajar mengenali diri sendiri adalah bagian dari proses mengenali jati diri yang sesungguhnya. Selain itu, mengenali diri sendiri seharusnya bisa menjadi proses awal mendeteksi kelebihan dan kekurangan kita.

Saya yakin, ada beberapa jawaban untuk pertanyaan itu. Mungkin mudah untuk sebagian orang, sangat sulit untuk yang lainnya. Untuk saya, jawaban yang menunjukkan identitas diri saya saat ini adalah, "Saya seorang ibu dari dua anak laki-laki terkasih". Identitas inilah yang terpenting bagi saya saat ini, di antara banyak jawaban lainnya.

Kenapa? Karena saya belajar banyak mengenai hidup, justru dalam lima tahun yang pendek dalam kehidupan saya. Saya belajar kehidupan dari anak-anak saya. Perjuangan mengenali mereka membawa saya makin mengenali diri sendiri. Seorang teman juga menerangkan bahwa bagaimana seorang ibu memandang dirinya, akan berpengaruh besar dalam bagaimana dia mendidik anak-anaknya. Jawaban-jawaban yang diberikan seorang ibu untuk pertanyaan "Siapakah Aku" akan tercermin dalam hubungannya dengan anak-anaknya.

Ini sebenarnya ga nyambung, tapi saya jadi teringat dengan lirik lagu Metallica, favorit saat kuliah dulu hihi.. judulnya Sad but True

Hey
I'm your life
I'm the one who takes you there
I'm your life
I'm the one who cares
they
they betray
I'm your only true friend now
they
they'll betray
I'm forever there

I'm your dream, make you real
I'm your eyes when you must steal
I'm your pain when you can't feel
sad but true
I'm your dream, mind astray
I'm your eyes while you're away
I'm your pain while you repay
you know it's sad but true

Hm.. masa muda sudah lewat :-D.

Jika pertanyaan itu untuk anda, apa jawaban anda?

3 comments:

hak1m said...

memang yang paling sulit dari hidup adalah mengetahui mengapa dan untuk apa kita hidup. tanpanya kita hanya tak beda dengan binatang, batu, atau langit yang ada untuk sebuah keberadaan itu sendiri... trims masukannya jadi renungan nich

ch1ck said...

seperti judul film, jackie chan..
penting kita bisa mengenali diri kita untuk menjadi sukses.

Devara Adhika said...

yang penting percaya diri akan jati diri kita sendiri untuk sekarang dan esok. .
terima kasih atas artikelnya. .