Friday, August 28, 2009

Srigala dalam diri

Ini cerita seorang pria untuk cucunya: "Di dalam diriku sering kali terjadi pertarungan dahsyat dua srigala. Srigala pertama sangat buas, penuh amarah, iri, penyesalan, tamak, merasa sengsara, sekaligus merasa sombong. Srigala kedua baik sekali, penuh cinta, bahagia, damai, dan harapan, rela memaafkan diri sendiri dan orang lain".

Pertanyaan cucunya, "Lalu srigala mana yang menang?"
Jawab pria tersebut, "Srigala yang aku beri makan."

Cerita di atas terngiang-ngiang di kepala saya, sejak membacanya sebagai kutipan di Femina edisi Agustus 2009. Rasanya cerita ini menggambarkan dengan tepat apa yang saya rasakan Ramadhan ini.

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk introspeksi diri. Indahnya berpuasa, saat sepanjang hari kita dipaksa untuk mengenali dan mengendalikan rasa lapar, dahaga dan kantuk. Saat puasa bukan hanya lapar dan dahaga, dapatkah kita mengenali dan mengendalikan srigala buas dalam diri kita?

Kadang-kadang hidup berjalan dalam alur yang membingungkan. Ada kalanya saya merasa gelap dan sempit, dan keresahan berbelit dalam pikiran. Apakah itu berarti pertempuran sedang berlangsung? Srigala mana yang akan menang?

Akankah srigala buas dalam diri kita yang menang? Saat ego membakar amarah, iri membuahkan penyesalan, sombong melahirkan ketamakan, hanya rasa sengsara yang tersisa. Dalam kekhilafan, kebodohan dan ketidak sadaran diri, mungkin sering sekali kita terjebak, memberi makan si srigala buas ini sehingga makin kuat dan makin membutakan diri kita. Naudzubillah.

Rindu diri ini untuk memenangkan srigala yang damai dan penuh cinta, yang ikhlas dan rela memaafkan diri sendiri dan orang lain, hidup dalam bahagia dan harapan. Dapatkah saya memberi makan si srigala baik ini, dengan semua cinta dan emosi positif? Rindu hati ini dalam ketenangan dan kebahagian, saat keikhlasan bersinar menyinari hati.

"Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya." (QS Al Fajr 27-28).

Semoga rahmat Ramadhan menenangkan jiwa dan memuaskan hati.. dan mengalahkan srigala buas dalam diri kita..

1 comment:

STAR_CELL said...

ASLKM,NUMPANG CORAT-CORET....

MATERIKULIAHQ.BLOGSPOT.COM