Sunday, February 11, 2007

online-shopper

Tinggal di Duri, in the middle of already-burned-sumatra-jungles buat saya berarti jauh dari 3 tempat yang sangat saya sukai: toko buku dengan koleksi buku yang ok, resto nyaman dengan makanan yang yummy dan tentu saja mal!

Kebutuhan hidup (hi hi.. didramatisir sekali yah) memaksa saya untuk mencari cara untuk tetap bisa belanja. Resto favorit bisa didatangi 6 bulan sekali saat cuti, tapi sebulan tanpa buku baru bisa membuat saya boring dan bete. Thank to the Net. Sejak 2 tahun lalu saat saya pindah ke Duri hobi baru saya adalah
online shopping atau belanja online.

Awalnya saya mulai belanja buku dari situs-situs penjual buku lokal di Internet. Favorit saya adalah
www.bukukita.com. Situs ini menjadi favorit saya karena cepat. Dalam waktu beberapa detik saya bisa melihat tampilan lengkap webnya, padahal saya menggunakan dial up yang lambat. Koleksi bukunya juga cukup lengkap.

Situs lainnya juga bisa menjadi pilihan jika buku yang saya cari tidak ada. Misalnya www.inibuku.com, yang rajin mengirim informasi via email tentang koleksi bukunya. Ada lagi www.kutukutubuku.com, www.bearbook.com dan www.kbi-online.com. Di bearbook dan Kbi-online dan , selain buku kamu bisa membeli mainan edukatif dan ada semacam insentif untuk member, jika kamu ingin belanja buku sambil berbisnis.

Selain bisa berbelanja lesehan di rumah sambil menemani anak-anak, keuntungan belanja buku online adalah diskon 10-20% di semua situs. Sering lo diskon dari pembelanjaan saya menutup ongkos kirim ke Duri ini.

Situs fashion juga menjadi favorit saya. Walaupun biasanya saya hanya monitor-shopping saja (monitor-shopping ini istilah saya sendiri, maksudnya window shopping tapi di depan monitor :-)). Saya belum pernah membeli apapun karena masih belum pede beli sesuatu untuk dipakai tanpa mencoba dulu. Saya mah mendingan nabung dulu sampai sempat pergi ke peradaban (means bigger town than Duri, he he). Anyway, beberapa situs lokal menyediakan baju dan aksesoris wanita dengan harga terjangkau. Di
www.tanah-abang.com kamu bisa membeli baju mulai harga 20-an ribu rupiah! Tentu saja modelnya yang sedang ngetren (baca: ‘semua’ orang memakainya). Www.barangbaru.com tidak hanya menyediakan baju, tapi juga tas, dompet, dan aksesoris seperti sepatu, kalung, anting dan ikat pinggang. Koleksinya lumayan unik dengan harga terjangkau, jika jeli kamu bisa menemukan barang-barang yang cantik dengan harga yang wallet-friendly..

Ada lagi
www.mybutik.com . Situs ini kebanyakan menyediakan parfum original. Lumayan membantu untuk yang tinggal jauuuuh dari kota dan cinta aroma indah. Seperti saya :-). Di kota saya sebenarnya banyak penjual parfum. Tinggal pilih mau parfum palsu yang kualitas mana, dari belasan ribu hingga puluhan ribu. Banyak juga yang tertarik dengan harga murah dan iming-iming merk terkenal (walaupun tentu saja palsu). Itu membuat saya berpikir, apakah karakter (dari aroma) yang akan ditampilkan juga palsu?

Oya, kembali ke mybutik. Selain parfum situs ini juga menyediakan balpoin (
Mont Blanc lo, saya tidak tahu keasliannya, tapi yang pasti harganya jutaan rupiah), boneka, barang multimedia, dan tas dengan merk yang kurang populer, Mark-N-Mag. Situs ini juga menyediakan Zippo Lighter, yang mengingatkan saya pada 2 sahabat baik, perokok berat, pecinta Zippo...

Www.tempat-shopping.com adalah favorit saya. Situs ini memiliki tampilan yang menarik (walau lumayan lama saat didownload) dan memiliki barang-barang cantik yang enak dilihat untuk monitor-shopping. Di sini kamu bisa membeli elektronik, buku, collector’s item, alat olahraga, perbayian, dan alat rumah tangga. Tapi favorit saya adalah koleksi beauty & fashion nya. Liat koleksi baju dan sepatu yang cantik dan alat make-up warna-warni yang lengkap jadi rada ngiler. Harga barang-barang di sini lebih mahal dari situs-situs fashion yang saya sebutkan sebelumnya.

Www.simplight.net memiliki koleksi dari beberapa desainer, cocok untuk kamu yang suka barang yang eksklusif dan tidak pasaran. Koleksi top nya juga lumayan unik dengan harga yang terjangkau.

Untuk pecinta tas branded, kamu bisa main ke
http://www.emartspace.com. Situs menyediakan tas-tas original dengan merk yang beken di amrik seperti DKNY, Marc by Marc Jacobs, Furla, Kenneth Cole New York, Michael by Michael Kors dan lain-lain. Merk-merk tersebut memang kurang akrab di telinga dibandingkan Prada, LV, Balenciaga, Channel, Gucci yang banyak beredar di Indonesia, terutama bajakannya he he. Selain tas, situs ini juga menyediakan kacamata dan arloji.

Untuk kamu pecinta tas branded dengan budget terbatas, situs
www.smart-diva.com menyediakan koleksi tas branded yang bisa disewa harian, mingguan maupun bulanan. Harganya bervariasi tergantung jenis koleksinya, antara 80 rb – 1,8 juta rupiah. 1,8 juta? Saya pilih tas baru.

Jadi, siap belanja fashion online? Pilihan ada di tangan anda.

Untuk yang ingin mencoba berbelanja online, ada beberapa tips dari saya:

1. Aman. Pastikan situs yang kamu tuju adalah situs yang aman. Uang kamu sangat berharga lo. Jika berbelanja di situs Indonesia saya pilih pembayaran menggunakan ATM BCA. Saya juga rajin mencatat no telepon, dan alamat email yang disediakan sehingga saya dapat memantau pesanan saya. Untuk jaga-jaga, coba pesan barang yang tidak terlalu mahal dulu.

2. Detail. Jika kamu mau berbelanja baju, sepatu, perhatikan detail dan ukurannya sehingga yang kamu beli benar-benar cocok. Untuk tas branded, coba cek ulang tas idaman dari situs-situs lain. Perhatikan hal-hal kecil seperti warna resluiting, ukuran panjang dan lebar, jenis bahan, dll

3. Garansi. Lebih baik lagi jika situs yang kamu tuju memberikan garansi untuk barang yang akan dibeli

4. Pengiriman. Coba cek pengirimannya akan dilakukan via ekspedisi mana. Beberapa ekspedisi beken di Indonesia memungkinkan kita untuk mengecek sampai di mana pesanan kita

4. Butuh. Jika barang yang kamu ingin ada di mal tak jauh dari tempatmu, dan ada waktu untuk membelinya, kenapa harus beli online?

7 comments:

Bunda Raffee said...

postingannya keren euy bu. Jadi pengen nyoba beli baju via onlen deh tapi yang murmer aja jadi kalo ga sesuai selera ya teu handeueul teuing lah hehehe

fitri said...

Tengkyu ya Bet. Lagi mood belanja yah, he he.. :-). Hepi euy yang mo punya anak ce, pasti cantik n baek kayak bundanya :-D.

Addison said...

Hi, Added a new value add to my blog this weekend - a news widget from www.widgetmate.com. I always wanted to show latest news for my keywords in my sidebar. It was very easy with this widget. Just a small copy paste and it was done. Great indeed.

mark-n-mag - Exclusive to PT SUN said...

Info: mark-n-mag adalah merek untuk rangkaian produk lifestyle fashion dengan line up komplit (Apparel, Fashion Accessories, Color Cosmetics) yang akan dikenalkan secara bertahap kepada masyarakat Indonesia. Untuk edaran perdana, mark-n-mag telah meluncurkan rangkaian produk Fashion Handbag yang menarik dengan prinsip harga yang layak, terjangkau, feature rich dan value for money. mark-n-mag diimpor & didistribusikan secara eksklusif oleh PT Sanken Universal Network (anak usaha dari SANKEN Consumer Electronics). Untuk mengetahui mark-n-mag dan merek-merek lainnya dari SUN (Sanken Universal Network), silakan mampir ke www.sanken.net. Happy Fashion to all da Indo-Fashionista... Salam perkenalan untuk Blog Owner yang ayu dan cantik...(SUN Customer Relation Mgmt Team-Jakarta)

Annie said...

halo ...

boleh tau alamat website smart diva yg bisa diakses tidak? bingung nih nyari alamatnya,...

kl tokonya sendiri ada yg tau alamatnya dimana?

terimakasih banyak ya...

rita said...

Hi there.. Saya juga domisili di Duri, salam kenal..

that's rite, walo ada uang tapi disini ga bisa kemana2, buat ngilangin bete saya larinya ya ke belanja.

hobinya ngumpulin barang2 unik dari mana2, koleksi yukata dan payung kertas tradisional Jepun (beli di www.rakuten.jp) ato hunting di ebay.

lunch box, saputangan sampe washing net pun beli dari Jepun.. kalo jewelry biasanya dari Hongkong dan China kerna saya penggemar giok. kecuali mutiara saya masih memilih dari Jepun. kalo diamond beli langsung dwong biar diceki2 dulu 4C's nya.

branded bags, nitip ke temen lah yg di jkt he he he, untungnya masih ada sahabat yg bantuin belanja.

kalo baju ya biasa beli di Carvieno Bandung, butik bagus disana yg modenya ga dijual di Duri.

wah jadi panjang lebar.. good article anyway, thanks : )

Saya Dewo said...

web shopping yang lainnya bisa coba diliat juga kak di

---jam tangan---
---blanko kartu undangan---
---tanah abang---
---grosir baju---