Thursday, June 07, 2007

Diet oh diet

DIET! Sejak Kishan berumur setahun dan sudah mau (disuapi) minum susu formula, saya mulai kepikiran untuk diet. Sebenarnya alarmnya sudah berbunyi lama.. sejak semua celana jins terasa sempit dan semakin sedikit baju di lemari yang bisa dipakai. Tapi karena saya masih menyusui, saya tidak tega untuk diet. Apalagi Kishan mungil dan lincah, kasihan sekali kalau jatah miminya berkurang gara-gara saya salah diet he he..

Memang setiap kali habis melahirkan berat badan saya selalu melonjak sampai lebih dari sepuluh kilo! Dari kepala empat (kadang-kadang kepala tiga, badan terasa enteng.. ) sampai kepala lima mengejar enam. Dengan tinggi pas-pasan, tubuh saya terasa bundar. Badan rasanya susah bergerak, setiap kali mau pergi pasti bingung di depan lemari.. kadang-kadang nekad pinjem baju si ayah, ha ha…

Setelah Kishan 1 tahun dan mulai doyan makan, saya membulatkan tekad untuk berdiet. Rasanya kalau BB terus melambung, saya makin malas bergerak he he. Tapi oh tapi.. ternyata rencana tinggal rencana. Sulit sekali mengerem nafsu makan.. huuh.. apalagi selama menyusui saya tersugesti untuk selalu makan dalam jumlah (ehem) banyak dan lengkap. Ternyata memang pola makan saya telah berubah. Dari pecinta sayur dan buah dan jarang sekali menambah nasi ketika makan, menjadi pemakan segala, porsi besar, dan.. (parah nih) sekali makan gak cukup satu porsi! Waduh.

Setiap waktu makan rasanya saya jadi merasa bersalah, habis dorongan untuk nambah susah dilawan sih, he he. Akhirnya saya beralih strategi, olahraga. Saya mulai rutin olahraga. Kadang-kadang ke gym, tapi seringnya sih bersepeda pagi bareng Zaka atau ikutan main bola bersama anak-anak dan ayahnya. Padahal saya tadinya paling malas berolahraga.. tapi daripada badan terus melambung ya saya jalanin juga…

Ternyata ada hasilnya lo. Badan terasa lebih segar. Lebih jarang bete dan saya (mulai) senang bergerak. Apalagi gara-gara sering ke gym saya dapat banyak teman baru yang rajin memotivasi untuk berolahraga.

Dua bulan olahraga BB saya turun 2 kg, dari target 12 kg. Lumayan.. Tapi masih jauh dari BB idaman nih.. Akhirnya, walaupun dengan berat hati saya terpaksa mulai diet lagi. Saya mulai dengan mengurangi makan malam. Makan malam saya ganti dengan 2 keping roti gandum panggang plus seulas tipis mentega. Awalnya, perut masih terasa lapar, maklum biasa rewog he he. Jadi masih ditambah satu atau dua buah pisang. Lama-lama perut saya makin terbiasa.

Setelah itu saya mulai mengurangi makan pagi, siang, dan ngemil. Buah saya perbanyak, terutama pisang karena buah ini yang selalu ada di rumah, favorit Kishan dan ayahnya. Porsi makan saya kurangi sedikit-sedikit walaupun udah ga sanggup lagi makan sedikit seperti burung (kata teman-teman kuliah saya dulu).

Setelah tiga bulan, BB saya turun 6 kg lagi lo… It’s about time, he he.. Tapi kayaknya koq mandek di situ ya.. walaupun pola makan saya makin sehat (sehat ala saya lo). Olahraga juga terus, walaupun santai.. tapi oh tapi.. kenapa BB saya tidak turun lagi? Masih kurang 4 kg menuju berat ideal nih. Musti ngapain lagi ya? Ada ide?

5 comments:

KhRIY said...

hwaaa...saya jd pengen jg nurunin BB (lagi). aku kan eman overweight yah dr jaman dahulu kala, trs sblm hamil teh bisa nurunin sampe 15 kg lho. eh, skrg mo mulai lg malesnyaaaa. dulu, aku klo lg mandek gtu justru ngebreak dietnya (olahraga mah tetep atuh nya). artinya ngebreak ya normal2 aja, gak jd balik rewog hehe. at least gak ada pantangan makan, cuman jumlahnya jgn jd 3x hehe. naik skilo gtu msh gpp lah. utk aku ini biar badannya kebiasa dulu dgn berat sgitu, jdnya entar pas mo diet lg bs byk jg turunnya. krn kan ky br mulai lg dietnya. klo kt kakak iparku, we have to know how to cheat our body hehe. aku dulu, ngebreaknya tiap 1,5 bln (biasanya abis turun 5 kiloan). silahkan mcoba, klo sukses crita lg yah ;)

Bundanya Tiara said...

adeuh, hebat euy..aku juga skr lagi doyan olahraga bareng tiara, joging. Lumayan lo jadi seger., Cuma biasanya kallo aku olahraga berat badan naik dulu sekilo. Katanya sih karena badan jadi madetin. Btw, bener tuh fit, kudu break dulu, baru diet diterusin...badannya udah muali terbiasa dengan dietnya soalnya..:P. gut lak..

>Lisa said...

aku ngga mau bergerak tuh jarum timbangan (abis makannya masih tetep hot n olah raganya ngga, gimana coba)

Lisa said...

hebat deh diet n olahraganya Fit..bisa turun banyak gituh... jadi pengen diet... :)

lin said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,ut聊天室,情色遊戲,情色a片,情色網