Friday, December 05, 2008

To Singapore with Friends

Singapura sangat meriah di bulan Desember. Dengan lampu-lampu kristal bergantungan di pohon-pohon sepanjang trotoar lebar di Orchard road, musik di mana-mana sungguh menyenangkan. It's so great to spend few days there with nice friends. Saya beruntung berkesempatan menghabiskan me time di sana dengan beberapa teman. Bener-bener me time yang sangat berkesan

Negara kecil ini memiliki banyak sekali tempat yang dipromosikan dan dipelihara dengan baik. Dari wisata kuliner hingga tempat-tempat asik untuk anak, seni dan budaya, petualangan, hingga wisata belanja yang menghabiskan isi dompet :p.

Berikut beberapa tempat menarik untuk dikunjungi di Singapura, untuk ibu-ibu dengan waktu dan dana terbatas seperti saya :p.

1. Orchard Road

Saya yakin semua pernah denger tempat shopping terpanjang ini :p. Dengan trotoar yang lebar, benar-benar memanjakan pejalan kaki! Sayang harga-harga di sini rada kemahalan untuk saya he he.. Berbagai shopping mall berderet di sepanjang trotoarnya... dengan berbagai toko menarik di dalamnya. Rasanya semua merk terkenal bisa ditemukan di sana, dari Esprit, Gap, Zara, Mango hingga Gucci, LV, Bulgary dan semua merek lain yang susah saya ucapkan hihi..

Terus terang, kalau soal belanja fashion saya lebih suka belanja di dept store atau ITC di Jakarta dan Factory Outlet di Bandung. Karena harganya lebih bersahabat dengan kantong saya, dan modelnya juga lebih banyak yang jilbab friendly :p. Di Orchard saya lebih suka window shopping, melihat baju, sepatu, tas, dan berbagai pernak-pernik yang memanjakan mata.

Saya juga sukaaa sekali mengamati berbagai gaya fashion para pengunjung mall. Berbagai gaya bisa ditemukan di sana.. dan yang membuat saya terkagum-kagum adalah menemukan banyaknya high heels yang berseliweran dengan lincah. Banyak sekali sepatu cantik yang bikin saya ngiler hehe.. (walaupun kayaknya ga mungkin bakal saya beli, mo dipake ke mana di kampung saya ini.. :p).

Selera fashion para pengunjung orchard sungguh sangat bervariasi. Banyak yang sangat modis dengan mini dress dan high heels, pekerja kantoran dengan busana kerja yang keren, hingga jeans dan kaos yang santai. Pengunjung juga sangat bervariasi, dari wajah-wajah oriental dengan kulit terang dan mata sipit, kaukasia yang jangkung dan berambut berwarna, arabian style yang khas hingga afrika dan ras melayu seperti saya dan rombongan. Semuanya bergerak dengan semangat yang sama.. semangat untuk menikmati pemandangan hasil kapitalisme yang membangkitkan nafsu konsumerisme he he..

Yang paling menyenangkan untuk saya adalah saat duduk-duduk di air mancur depan mall Nge Ann City sambil menikmati sepotong es krim khas Singapura. Es krimnya berbentuk batangan yang padat, dengan berbagai rasa dari coklat, vanila, kacang hingga choco chips favorit saya. Dibungkus dengan wafel atau roti, es krim seharga Sin$ 1 ini benar-benar nikmat.. apalagi saat dinikmati bersama teman-teman baik sambil memandang keindahan dekorasi natal yang meriah dan lalu lalang para pejalan kaki berbagai gaya di trotoar Orchard. Saat menikmati es krim ini saya benar-benar tidak peduli dengan besarnya kalori yang masuk perut saya :p.

Must have seen place! IKEA adalah toko perabotan berdesain simple yang sangat lengkap. Di sini kita seakan-akan berjalan dari ruangan ke ruangan lain dengan desain yang menarik dengan furniture dan pernak-pernik yang simple, dengan harga yang lumayan terjangkau. Toko ini adalah favorit saya, terutama bagian pernak-pernik anak-anaknya yang lucu-lucu dan berwarna-warni meriah dan tempat-tempat penyimpanan yang unik dan praktis. Di Singapore, Ikea ada di jalan Alexandra dan Tampines.
Oya, untuk pecinta Charles & Keith, di depan Ikea Alexandra ada mall Anchorpoint yang di dalamnya ada outlet C&K. Di situ semua produk baik tas maupun sepatu didiskon 50%. Sayangnya tampaknya yang dijual adalah model-model lama, dan kadang-kadang ada yang cacat/dekil. Di mall ini juga ada outlet Giordano dan beberapa merk lain.


Di sini ada patung Merlion setinggi 8,6 meter dengan berat 70 ton! Berbentuk patung setengah singa setengah ikan, yang menggambarkan apa yang ditemukan Pangeran Sang Nila Utama saat dia 'menemukan' Singapura. Dengan air mancur di mulutnya, percikan-percikan air akan memberi kesejukan, saat kita menikmati pemandangan Esplanade Bridge yang indah, dan memandang kapal-kapal yang lewat di Marina Bay. Taman ini sangat menyenangkan untuk duduk-duduk sambil berfoto, mengobrol dan menikmati secangkir kopi hangat di starbuck :p.

4. Mustafa Center dan Lucky Plaza

Mmm.. tempat ini menurut saya rada mirip dengan Mangdu. Penuh dengan segala barang! Merupakan sumber oleh-oleh seperti coklat, kaos, gantungan kunci, dan berbagai pernak-pernik bertuliskan Singapore. Sekedar tips, jika anda berbelanja di Lucky Plaza, sempatkan untuk melihat ke banyak tempat sebelum memutuskan untuk membeli, untuk menemukan harga termurah.

Masih banyaaak sekali tempat yang bisa dikunjungi di Singapura, tergantung dengan rencana perjalanan dan tujuan anda. Oya, untuk saya yang rada-rada miss planning, rencana perjalanan sangat penting, karena bisa menuntun saya untuk bisa mengunjungi semua tempat yang saya inginkan dan (hanya) membeli yang saya perlukan :p.

Tips terpenting dari saya adalah: pakailah alas kaki yang nyaman! Pasti lebih banyak jalan kaki di sana. Dan, sayangnya di lokasi umum tidak banyak kursi yang tersedia untuk melemaskan kaki. Pakailah juga busana yang nyaman, simple dan menyerap keringat karena dijamin anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar. Di tempat-tempat umum, pastikan untuk mematuhi semua aturan yang berlaku, terutama tentang kebersihan dan aturan berlalu lintas. Mari kita tunjukkan bahwa orang Indonesia pun bersih, tertib dan rapi :p.

Untuk urusan dana, rupiah bisa ditukar ke dollar Singapura di berbagai tempat. Banyak sekali money changer di sana. Survey ke beberapa tempat yang berdekatan untuk mendapatkan harga yang terbaik. Pastikan koin-koin uang kecil disimpan rapi di tempat yang mudah dijangkau, karena sangat bermanfaat untuk membayar bis, MRT hingga membeli es krim nikmat di Orchard :p.

Jika memang berencana untuk wisata kuliner, ada banyaaak sekali tempat makan yang bisa dicoba. Tapi jika urusan makan bukan prioritas, ada baiknya membawa pop mie (punten, bukan promosi) yang praktis. Harga air kemasan juga sangat mahal di sana, sekitar Rp 12.000 per setengah liternya.

Transportasi sangat mudah di Singapura. Banyak pilihan berbagai moda transportasi, dari bus, taksi hingga MRT. Ongkos bus dan MRT bervariasi sekitar Sin$ 0.5 hingga Sin$ 4 tergantung tujuan. Ongkos taksi untuk berkeliaran di daerah pusat kota sekitar Sin$ 4 hingga Sin$ 12 tergantung jarak. Oya, saat menunggu taksi, pastikan mengikuti antrian dengan rapi :p.

Selamat berlibur... Have fun :p

3 comments:

Maya said...

me time yg sangat menyenangkan :D

en_me said...

bestnyerrr gi singapore tewww..

the said...

Top website designing company in India, Nashik provding world class website design and solutions.
Nashik Website Designing, Nasik Webpage Design, Nashik Website Design, Nashik website company, SEO Company Nashik, Nashik Website
Development Services