Saturday, January 17, 2009

Setelah Liburan....

Akhirnya kami berlibur...! Hurray :p. Setelah ditunda beberapa kali, bahkan ga mudik waktu lebaran akhirnya kami liburan juga.. Ga jauh-jauh sih, cuman nengok para ortu di Cirebon dan Brebes, jalan ke Pekalongan, berkunjung ke kampungnya si teteh di Garut.. dan akhirnya ngabisin liburan di Bandung sambil nemenin ayah nyelesein tesisnya..
Cerita liburannya menyusul yah :p. Saya mau cerita tentang hebohnya 4 minggu tanpa assisten! Sewaktu masih di Duri (teteh mudik duluan) mah ga gitu terasa hebohnya.. maklum energi masih full hihi. Biar rada heboh setiap pagi, dan tiap hari kudu masak (walaupun si teteh nu bageur udah nyetokin berbagai menu siap goreng.. thanks ya Teh) dan beberes, masih enjoy karena sambil ngebayangin liburan di depan mata.

Waktu cuti juga masih terasa asik. Lha wong si ayah siap sedia setiap saat :p. Paling acara nyuapin anak-anak yang rada lama... Di awal liburan mah mereka gampang sekali makan, masih excited soalnya. Tapi makin lama... makin susaaaaah... di minggu terakhir liburan saya sudah sangat bersyukur kalo dalam 2 jam mereka makan setengah dari porsi biasanya. Si sulung yang ganteng masih lumayan, walaupun ogah makan nasi sendiri, tapi dengan sedikit bujukan masih bisa disuapin. Tapi Kishan.. huuh.. setiap kali nyuapin bener-bener perjuangan.. hiks.

Selama liburan, selain urusan makan yang heboh adalah urusan baju dan beberes koper. Anak-anak meni pada 'stylish' selama liburan.. setiap abis mandi pasti pada sibuk ngoprek koper cari baju yang paling... bukan, bukan paling keren.. tapi paling nyaman! Alhasil saya sampai beli 3 piama baru untuk mereka! Halah, ibunya mah pengen anak teh keren pas liburan, eh anak-anak malah hobi banget berpiama.. makin belel makin suka..

Untung banget ada laundry kiloan di bandung.. duh, ga kebayang kalo kudu nyuci sendiri, setumpuk baju kotor yang tiap hari makin banyaaaak...

Sepulang liburan, dengan energi habis.. yang paling saya inginkan adalah leyeh-leyeh baca majalah sambil nonton tv. Sayang, si teteh belum pulang mudik. Bibi yang biasa bantu nyetrika juga ga datang. Jadilah, sampai 4 hari setelah cuti saya jadi upik abu..

Beneran deh, asli, kerasa banget capeknya ngurus rumah dan 2 anak super aktif! Rumah dekiiiill kelamaan ditinggal.. baju-baju kotor numpuk di koper.. dan nafsu makan dan nafsu ngeberantakin anak-anak makin menggila begitu sampai di rumahnya sendiri *halah, hiperbolis amat ya*.

Beneran lo, anak-anak yang makannya susah minta ampun di hari-hari terakhir liburan, berubah menjadi pemakan segala di rumah! Saya sampai terharu saat Zaka menemukan donat yang umurnya sudah (hampir) 3 hari.. dan langsung habis! Huaaa.. kelaparan sekali kamu ya Nak. Padahal mereka makan nasi 4x sehari lo, walaupun dengan lauk pas-pasan karena ibu ga sepinter si teteh masaknya he he. Senengnyaa, alhamdulillah.. semoga berlanjut terus ya Nak.. ibu seneng banget liat anak-anak yang doyan makan :p.

Urusan beberes juga ga ada berentinya. Walaupun Zaka (dibantu Kishan) udah bisa disuruh 'bertanggung-jawab' kalo melakukan kesalahan. Tapi biasanya buntutnya jadi panjang. Misalnya dia bikin heboh di kamar mandi, sampai air banjir ke gang. Walaupun dengan senang hati mengepel hasil banjirnya, dan mengeringkan gang.. tau-tau banjir pindah ke ruang tengah karena dia bikin 'hujan busa' dengan ember pelnya. Atau, saat menaruh piringnya ke tempat cuci piring, 10 menit kemudian saya menemukan dia sedang 'mencuci' satu piring dan setengah dapur dengan sabun berbusa! Atau saat membereskan lego nya yang berantakan, tau-tau karpet jadi tergulung, kursi-meja bergeser, dan interior ruang tengah jadi berubah! Huahaaa.. mo marah.. tapi lucuuu.. :p.

Alhamdulillah kemaren teteh pulang. Duh, indah rasanya, bisa leyeh-leyeh sambil baca novel, dan duduk berlama-lama di depan komputer lagih :p. Walaupun resolusi 2009 di antaranya adalah (kudu, harus, mesti) bisa masak, tapi minggu ini saya mo 'cuti' dulu...

Oya, Met Taun Baru ya Semuanyaa.. semoga kedamaian di Palestina tercapai, krisis moneter cepat berlalu, dan semoga taun ini lebih baik dari taun-taun sebelumnya..