Thursday, June 02, 2011

Singapura, Tidak Hanya Orchard Road

Berlibur ke Singapura biasanya identik dengan belanja. Orchard Road, jalan paling terkenal di sana memang penuh dengan toko-toko penuh barang branded yang menggoda iman. Sebut saja nama-nama terkenal, dari street label kayak Zara, Mango, F21 hingga high end label seperti Prada, Louis Vuitton hingga Dior.

Merk-merk itu seperti 'berteriak' sepanjang Orchard, mengundang kita untuk berkunjung.. heuheuu.. lebayyy.. Memang di Indonesia juga banyak mall dengan brand terkenal. Tapi, suasana Orchard beda ya.. trotoar yang lapang dan teduh di depan jajaran mall itu membuat window shopping atau belanja beneran terasa sangat nyaman.. belum lagi ditambah dengan jajan es potong 1 dollaran yang yummy. Eh, judulnya kan tidak hanya Orchard R0ad. Kenapa jadi ngomongin Orchard ya:p.

Oke, back to laptop. Orchard memang identik dengan Singapura, tapi itu untuk yang senang belanja/melihat belanjaan. Orchard tidak terlalu menyenangkan untuk travelling bersama anak-anak, terutama anak-anak saya :p. Dua anak lelaki heboh yang pembosan dan full energi cuman tahan beberapa menit di mall :(.

Untuk kami, banyak tempat asik di Singapura untuk berlibur, selain Orchard. Dan tentunya lebih hemat karena tanpa aktivitas belanja heuheuu. Saya ingin berbagi beberapa di antaranya yaitu Singapore Science Centre, Snow City dan Imax Theatre.



Singapore Science Centre (SSC) terletak di daerah Jurong, dan berada dalam satu lokasi dengan Snow City dan Omni-Theatre. Kompleks ini termasuk salah satu unggulan di city of fine ini, terbukti dengan brosur-brosurnya yang ada di mana-mana heuheu.

Di SSC ada banyak yang bisa dilakukan. Sayang terakhir ke sana kami tidak masuk karena waktu yang terbatas. Jika anda memiliki minimal 4 jam untuk bersenang-senang bersama anak-anak, ini adalah tempat yang tepat. Di sini ada beberapa exhibitions menarik, dan hampir semua eksperimen di dalamnya bisa dicoba anak-anak.

benda 'aneh' di science centre
bisa nebak ini apa;)?

Snow City terletak bersebelahan dengan Science Centre. Sesuai dengan judulnya, merupakan tempat bermain-main dengan salju buatan ;). Untuk masuk ke sana anda perlu memakai jaket tebal, sarung tangan yang disediakan di sana. Harga tiket termasuk sewa jaket dan sepatu bot. Sebaiknya pengunjung memakai kaos kaki dan celana panjang (bawa/pakai dari rumah). Suhu di dalamnya kurang dari 0 derajat celcius!

Fyi, untuk yang tidak tahan dingin, harap bersiap-siap dengan pakaian tebal dari rumah (lebih bagus kalau tahan air) sebagai pelapis di bawah jaket dan sepatu sewaan. Saya melihat beberapa orang di sini keluar dengan hidung mimisan karena tidak tahan dingin! Oya, tutup kepala/telinga juga sangat penting. Buat saya, shawl yang saya gunakan sebagai jilbab sangat menolong menahan dingin.  Kalau bisa anak-anak dipakaikan jaket bertudung pribadi dan kaos kaki tebal agar lebih nyaman di sana. Tapi ga usah terlalu khawatir , si sulung pernah saya ajak kemari di umur 2 tahun, dan nyaman-nyaman saja. Malah sangat enjoy. Tentunya dengan ‘perlengkapan’ tebal dan lengkap.

Oya, untuk saya mah tempat ini rada garing ya. Kita hanya bermain-main salju di tempat yang relatif sempit, dengan 'iglo' dan perosotan plastik kecil. Ada juga tempat meluncur di salju menggunakan ban yang cocok untuk anak di atas 8 tahun. Dan tidak boleh berfoto di dalamnya pula L. Tapi untuk anak-anak saya yang tidak pernah melihat salju asli (heuheuu) di sini sangat menyenangkan! Mereka suka udara dingin menggigitnya, suka bermain membuat bayangan sambil berbaring di salju.. dan perang salju tentunya, walaupun salju kw ini tidak bisa dibentuk menjadi bola:D.

Hubble di IMAX
Leonardo Di Caprio lo yang cerita ;)

IMAX Theatre adalah semacam bioskop dengan teknologi IMAX. Masuk ke dalamnya serasa masuk ke bioskop dengan layar seluas pandangan kita saat posisi hampir berbaring ;). Mirip-mirip Planetarium di TIM Jakarta lah.. cuman jauh lebih keren heuheuu.. Ada beberapa film yang ditampilkan dengan jadwaltertentu. Buat saya yang membawa balita, kelemahan teater ini adalah tangga nya terlalu terjal! Kebetulan kami mendapat tempat di atas, dan pengaturan kursi-kursinya membuat kami merasa seakan-akan bisa jatuh ke bawah jika sedikit saja salah langkah :(.

Untuk menikmati 3 sajian ini anda perlu menyediakan cukup waktu. Jika anak-anak anda suka science dan petualangan, lebih murah untuk membeli tiket 3 in 1 package seharga SIN $24 untuk dewasa dan SIN $18 untuk anak di atas 3 tahun.Info admission lengkap bisa dilihat di sini.

Untuk mengisi perut, di sini ada Mc Donald lo. Tanpa menu nasi tentunya;). Ayam ada, tapi terakhir kami ke saya menu ayam yang tersedia hanya chicken nugget dan wings. Yang menarik, McD Singapore ada menu corn cup, yaitu jagung rebus dengan susu dan keju, favorit anak-anak saya. Harga sedikit lebih mahal dari McD di Indonesia, tapi bedanya ga terlalu jauh. Untuk sekali makan berempat (2 anak) kami menghabiskan sekitar sin $25 dengan menu big Mac,chicken nuggetcorn cup kids meal, milo dan fillet o fish. Rasanya juga mirip-mirip ya.. hanya rasa saus tomatnya yang beda. Memang deh, saos tomat Indonesia rasanya paling juara.. kata lidah saya :p.

Oya, jangan lupa menghabiskan waktu di taman unik dengan berbagai karya bernuansa science yang menarik di sebelah McD. Senang sekali rasanya duduk-duduk sambil ngemil sementara anak-anak bermain air mancur dan mencoba berbagai aktivitas di taman tersebut, gratis pula heuheu. Coba ada tempat yang nyaman dan kreatif seperti ini di Jakarta *pray aloud...

Di tempat ini para Singaporean yang kreatif dan pintar mencari uang menyediakan fasilitas foto-foto yang tidak gratis! Sediakan budget yang cukup apabila anda tidak membawa kamera pribadi atau hasil foto sendiri kurang canggih. Anda bisa membeli foto-foto ‘resmi’ di sana dengan harga sekitar SIN $8-$13.

penunjuk jalan
Pilih bus yang mana?

Sayangnya transportasi ke sini agak repot (untuk kami ya :p). Terakhir saya memilih naik taksi dari Orchard, butuh waktu sekitar 20 menit dengan tarif SIN $18. Bisa juga naik MRT, tetapi letaknya rada di pinggir kota, sehingga menghabiskan waktu cukup lama, sekitar 45 menit dari stasiun Dhobby Ghaut. Dan musti disambung dengan bus. How to get there bisa disimak di sini. Walaupun rada ribet transportasinya, but it’s worthed untuk berlibur dengan fun dan tidak terlalu mahal kalau dibandingkan dengan belanja di Orchard walaupun kalau boleh pilih ibu mau belanja aja.

4 comments:

IbuDzakyFai said...

jadi pengen ajak anak2 ke SSC nich

irrasistible said...

Fit, itu SSC kayaknya mirip sama Taman Pintar di Yogya ya? Ah secara #makirit, mending ke Yogya aja deh, murmer, hihihi..

irrasistible said...

Fit, itu SSC kayaknya mirip sama Taman Pintar di Yogya ya? Ah secara #makirit, mending ke Yogya aja deh, murmer, hihihi..

fitri said...

@IbuDzakyFai iyaa.. seneng lo, walaupun 2 anak cowok terlalu heboh:p

@Ira, hihiii.. iyaya? gw malah belum pernah ke taman Pintar. patut dicoba nih yang irit-irit:p