Thursday, February 09, 2012

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik untuk Bisnis Kecilku


Beberapa tahun yang lalu, saat memulai bisnis toko perlengkapan bayi dan anak, saya punya mimpi agar toko saya menjadi toko yang modern dan praktis. Yang barang-barangnya tertata rapi, swalayan dan tentu saja komputerize. Biar bisa mempermudah kerjaan si pemilik yang rada males.

Sebuah toko retail seperti toko saya bisa memiliki ratusan item, ratusan harga, ratusan deskripsi. Apalagi untuk toko perlengkapan bayi, banyaaak barang-barang kecil seperti peniti, kaos kaki baby, sarung tangan yang ukurannya mungil. Semuanya harus terdata dengan baik karena setiap produk memiliki nilai jual. Setiap transaksi pun perlu didata dengan baik. Setiap pendapatan dan pengeluaran yang didapat setiap hari dari toko perlu didokumentasikan, laporan keuangan harus rapi dan benar karena sebagai pemilik toko pasti saya ingin dapat keuntungan dunk ;). Bukan kerja rodi doang heuheuu..

Karena itu, untuk saya suatu software akuntansi yang baik adalah suatu kebutuhan. Software akuntansi saya butuhkan agar semua transaksi tercatat dengan baik dan menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi dll. Saya yang lulusan Sarjana Teknik dan minim pengetahuan soal akuntansi tentu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu untuk menghasilkan Laporan Keuangan yang terbaik. 

Begitu pula database/basis dan manajemen produk, juga POS (Point of Sale). Manajemen data produk yang baik akan mendata, menyimpan dan memastikan semua data jualan saya teratur. Dengan ribuan data dan belasan hingga puluhan transaksi yang terjadi setiap hari, saya ingin agar arus masuk dan keluarnya produk bisa terdokumentasi untuk memudahkan pengaturan stok barang dan pembuatan budget pembelian barang setiap bulan. Sedangkan POS atau Point of Sale adalah software/aplikasi yang akan mencatat semua transaksi penjualan yang terjadi di kasir. Penggunaan aplikasi POS akan membantu owner/perusahaan untuk memantau semua transaksi penjualan yang terjadi setiap hari. 

Walaupun toko saya, Annisa Baby, Kids & Toys Duri hanya toko mungil, tapi teuteup say mah pengen agar toko tersebut memiliki manajemen pengelolaan yang baik. Apalagi urusan keuangan, kudu beres atuuuuh.. Karena itu saya menggunakan Zahir Small Business Accounting dan Zahir Point of Sale untuk memastikan manajemen pengaturan produk yang baik, pencatatan transaksi keuangan dan membuat Laporan Keuangan terbaik untuk bisnis kecil yang lebih profesional dan memudahkan hidup saya :p. 

Setelah melakukan banyak riset, dan sempat mencoba beberapa software akhirnya pilihan saya jatuh pada the famous Zahir Accounting.

Kenapa saya pilih Zahir?

1. Karena kemudahan penggunaannya

Zahir Accounting Software adalah software akuntansi yang merupakan produk local dari PT Zahir Internasional yang cocok untuk berbagai bidang usaha, termasuk toko mungilku J. Instalasinya relatif mudah, dan bisa dilakukan step by step sendiri dengan menggunakan manual yang diberikan. Benaran, bahkan ibu-ibu gaptek seperti saya bisa melakukannya! Piranti yang dibutuhkan pun standar saja:komputer desktop lengkap (CPU, monitor, mouse, keyboard) dan optional printer untuk nge-print bukti transaksi.

Saya suka fitur dan tampilan Zahir yang sederhana, enak dilihat dan mudah untuk dijalankan. Sebagai owner, bukan saya yang kelak akan menjalankan operasional toko sehari-hari. Jadi saya butuh software yang mudah dijalankan oleh siapapun, termasuk oleh karyawan.

Berikut contoh tampilan software Zahir Accounting.

Gambar dari sini

Gambar diambil dari sini

Sejak Tahun 2007 saya menggunakan produk Zahir Small Business Accounting  (Zahir SMB) sebagai solusi untuk pembukuan sederhana yang praktis, selain untuk manajemen data produk, mengelola persedian barang dan pembuatan laporan keuangan sederhana.

Sampai 2012 saya tetap menggunakannya. Karena kesederhanaan produk ini membuatnya mudah digunakan. Walaupun membutuhkan proses instalasi yang lumayan menguras energy (untuk saya yang gaptek ieu mah:p), tapi begitu terinstall dengan sempurna pengelolaan seabrek produk dagangan menjadi sangat mudah.

2. Karena support dan layanan after service nya 

Oya, setiap saya kesulitan dengan proses instalasi maupun masalah yang muncul, customer service Zahir selalu siap membantu. Pelayanan after service yang baik merupakan poin plus yang merupakan keunggulan Zahir. Staff Zahir bisa dihubungi lewat berbagai cara: e-mail support, live chat, remote akses hingga layanan onsite. Dengan dukungan support yang mantap dan bergaransi seumur hidup mengurangi rasa khawatir pengguna.

Saya merasa setiap pertanyaan maupun complain saya selalu ditangani dengan baik. Masalah yang pernah beberapa kali terjadi selain kesulitan saat instalasi adalah saat CPU error maupun terjadi perpindahan mesin, biasanya saya harus meng-update lisence Zahir. Lisence itu berlaku seumur hidup, jadi biasanya saya hanya kontak customer service Zahir via yahoo messenger dan dalam beberapa hari Zahir saya akan siap untuk digunakan lagi J.

3. Karena produk yang memenuhi kebutuhan

Zahir Small Business Accounting (SMB) ini menyediakan database/basis data produk yang lengkap dan customize. Kita bisa mengatur harga pokok dan harga jual, menambah dan mengurangi jumlah barang, proses stock opname/pengecekan stok barang berkala menjadi praktis dan simple. Yang paling bermanfaat untuk saya adalah kemudahan untuk melacak penjualan setiap barang dan mengetahui keuntungan penjualan tiap barang.

Selain Zahir SMB saya menggunakan juga Zahir Point of Sale (Zahir POS). Aplikasi ini berfungsi sebagai mesin kasir, di mana staf penjualan/kasir dapat menginput penjualan dengan mudah dan cepat, mencetak struk penjualan dan menampilkan detail penjualan. Tampilan dan penggunaannya sangat mudah untuk digunakan dalam transaksi penjualan sehari-hari.

Zahir SMB dan Zahir POS yang saya gunakan terintegrasi dengan baik, sehingga data produk yang telah terkelola dalam  Zahir SMB   bisa langsung digunakan saat transaksi di kasir dengan  Zahir POS . Begitupun semua input transaksi penjualan menggunakan Zahir POS akan tersinkronisasi dengan baik pada Zahir SMB. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa setiap kali terjadi transaksi penjualan barang di kasir, data jumlah barang yang bersangkutan pada database akan berkurang juga.

Zahir POS yang saya gunakan terkoneksi pada printer untuk mencatat struk penjualan. Oya, dengan fitur kustomisasinya saya bisa lo (dengan bangga) mencetak struk bertuliskan nama toko saya, info telepon hingga promo yang sedang kami berikan J.

4. Laporan Keuangan yang jelas 

Laporan Keuangan Zahir juga sangat bermanfaat! Sampai sekarang, setiap hari saya mendapat laporan penjualan dan transaksi via email. Jadi sedang berada di manapun saya dapat mengecek transaksi dan laporan keuangan toko saya. Hal itu sangat memudahkan fungsi pengawasan J.
Berikut contoh laporan Sales Detail yang setiap hari saya terima


Senang kan bisa melihat laporan penjualan tiap hari walaupun kita tidak berada di toko J.
Laporan-laporan lain juga bisa dilihat dalam berbagai format yang menarik dan mudah dibaca seperti di bawah ini:

Gambar diambil dari sini

Berbagai contoh format tampilan Zahir bisa dilihat di sini.

Sampai saat ini saya tidak pernah berencana untuk mengganti Zahir sebagai software akuntansi dan management operasional bisnis dengan software lain. Saya bangga karena menggunakan karya anak bangsa yang berkualitas dan memang sangat bermanfaat bagi kelangsungan bisnis kecil saya.

Tidak heran PT Zahir Internasional sebagai creator software akuntansi terbaik yang dapat digunakan di berbagai bidang industry telah meraih berbagai penghargaan baik lokal maupun tingkat Internasional.

Jadi untuk yang sudah punya bisnis maupun baru mau mulai mempertimbangkan untuk berbisnis, produk-produk dari Zahir Accounting ini bisa dipertimbangkan. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dari software yang ada di pasaran (buat saya yahh), but it's worthed every penny!

5. Harga yang terjangkau

Untuk membeli Zahir SMB dan Zahir POS tahun 2007 saya menghabiskan sekitar 2 juta rupiah (saat sedang promo) dan hingga tahun 2012 saat ini kedua software tersebut masih dapat saya gunakan dengan baik dengan pelayanan support dapat diakses dengan mudah. Biaya operasional yang saya keluarkan 5 tahun yang lalu masih efisien hingga saat ini ;).

Berdasarkan pengalaman saya, biaya yang saya keluarkan untuk membeli program Zahir sesuai dengan semua kelebihan yang ditawarkannya. Terutama kemudahan aplikasi dan penggunaannya, bagaimana produk-produknya bisa memenuhi semua kebutuhan bisnis kami dan terutama after sales service nya yang bisa diandalkan.

Untuk anda yang berminat menggunakan produk Zahir data harganya bisa dilihat di sini. Pilihlah produk yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bisnis anda makin ok dan ter-manage dengan baik dengan pilihan software akuntansi laporan keuangan terbaik :).

5 comments:

Kang Asep said...

Ini software saya referensikan kepada teman-teman bisnis saya karena ini software memang benar-benar bagus.

wilujeng ngeblog
http://www.sakahayang.com/2012/01/software-akuntansi-laporan-keuangan.html

adi pradana said...

saya juga dukung zahir software sebagai software akuntansi laporan keuangan terbaik. semangaat...

Muhammad Endi said...

Saya juga mendukung software akuntansi ini..
Salam.. :)

uii profile said...

I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

Kementerian Keuangan said...

Software Akuntansi dan Laporan Keuangan lengkap.
Langsung aja coba aplikasi kami disini Software Akuntansi