Beberapa tahun yang lalu, saat memulai bisnis toko perlengkapan bayi dan anak, saya punya mimpi agar toko saya menjadi toko yang modern dan praktis. Yang barang-barangnya tertata rapi, swalayan dan tentu saja komputerize. Biar bisa mempermudah kerjaan si pemilik
Sebuah toko retail seperti toko saya bisa memiliki ratusan item, ratusan harga, ratusan deskripsi. Apalagi untuk toko perlengkapan bayi, banyaaak barang-barang kecil seperti peniti, kaos kaki baby, sarung tangan yang ukurannya mungil. Semuanya harus terdata dengan baik karena setiap produk memiliki nilai jual. Setiap transaksi pun perlu didata dengan baik. Setiap pendapatan dan pengeluaran yang didapat setiap hari dari toko perlu didokumentasikan, laporan keuangan harus rapi dan benar karena sebagai pemilik toko pasti saya ingin dapat keuntungan dunk ;). Bukan kerja rodi doang heuheuu..
Karena itu, untuk saya suatu software akuntansi yang baik adalah suatu kebutuhan. Software akuntansi saya butuhkan agar semua transaksi tercatat dengan baik dan menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi dll. Saya yang lulusan Sarjana Teknik dan minim pengetahuan soal akuntansi tentu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu untuk menghasilkan Laporan Keuangan yang terbaik.
Begitu pula database/basis dan manajemen produk, juga POS (Point of Sale). Manajemen data produk yang baik akan mendata, menyimpan dan memastikan semua data jualan saya teratur. Dengan ribuan data dan belasan hingga puluhan transaksi yang terjadi setiap hari, saya ingin agar arus masuk dan keluarnya produk bisa terdokumentasi untuk memudahkan pengaturan stok barang dan pembuatan budget pembelian barang setiap bulan. Sedangkan POS atau Point of Sale adalah software/aplikasi yang akan mencatat semua transaksi penjualan yang terjadi di kasir. Penggunaan aplikasi POS akan membantu owner/perusahaan untuk memantau semua transaksi penjualan yang terjadi setiap hari.
Walaupun toko saya, Annisa Baby, Kids & Toys Duri hanya toko mungil, tapi teuteup say mah pengen agar toko tersebut memiliki manajemen pengelolaan yang baik. Apalagi urusan keuangan, kudu beres atuuuuh.. Karena itu saya menggunakan Zahir Small Business Accounting dan Zahir Point of Sale untuk memastikan manajemen pengaturan produk yang baik, pencatatan transaksi keuangan dan membuat Laporan Keuangan terbaik untuk bisnis kecil yang lebih profesional dan memudahkan hidup saya :p.
Setelah melakukan banyak riset, dan sempat mencoba beberapa software akhirnya pilihan saya jatuh pada the famous Zahir Accounting.