Saturday, March 31, 2007

Pesta Pernikahan Boer

Waktu cuti kemarin ada acara yang wajib saya datangi, yaitu resepsi pernikahan sahabat saya, Boer di Rajagaluh. Menurut Boer sebenarnya acara ini gabungan dari beberapa event sekaligus: resepsi pernikahan, anniversary perkawinan ke-1 dan selamatan 4 bulanan kandungan Boer. Soalnya sebenarnya sahabat saya itu sudah melepaskan predikat jomblo sejak 1 tahun sebelumnya, akad nikah telah dilakukan tanggal 17 Maret 2006.

Boer tinggal di tengah sawah (ini sebenarnya lo, bukan hiperbolis). Rumahnya yang asri dikelilingi sawah dan balong, dan untuk ke sana ada jalan tanah yang cukup untuk satu mobil masuk. Di siang hari suasananya ‘pedesaan banget’, sejauh mata memandang ada kehijauan sawah, kicau burung, dan angin semilir yang nyaman di teras rumah kayu itu. Apalagi biasanya hidangannya juga segala macam buah-buahan. Sssst, pas acara ini juga buah-buahannya unik lo: manggis dan kelengkeng, mmmm!

Sebenarnya jadwal acaranya dari jam 10 siang. Tapi saya datang jam 8 malam setelah menempuh 40-an menit perjalanan dari cirebon. Saya dan suami sudah berpakaian santai (baca: jeans forever), kami pikir acara sudah selesai. Makin dekat ke tempat Boer makin bingung, gelap euy. Ternyata susah juga cari rumah di tengah sawah malem-malem, untung ada deretan lampu di jalan di tengah sawah, menuju rumah Boer. Indah dan romantis.

Rada panik juga waktu melihat masih banyak tamu yang datang. Waduh, saltum nih. Suami saya hampir ‘mogok’ karena jinsnya terlalu belel untuk kondangan, ha ha. Belum lagi mobil kami juga mogok, terjebak di jalan berlumpur sampai harus didorong 3 orang! Akhirnya dengan cuek kami ke pelaminan, and guess what.. pengantinnya berjins juga! Boer di pelaminan dengan orang tuanya, berbusana jins dan kemeja. Boer banget….ha ha. Padahal saya sudah siap-siap melihat Boer berkebaya!

Inilah resepsi terunik yang pernah saya datangi. Kedua orang tua Boer, saya, Mas Wid suami Boer, suami saya dan Boer yang berjins duduk-duduk di panggung sambil mengobrol. Kadang-kadang kami bangkit untuk menyalami tamu yang datang, setelah itu duduk lagi dan mengobrol ngalor ngidul. Bodor pisan… ini pesta kawin lo.

Pesta Boer indah dan romantis. Aroma harum memenuhi udara yang rada dingin sehabis hujan. Anggrek putih dan ungu berbungan di pohon mangga yang tumbuh di tengah halaman tempat pesta. Panggung untuk jaipongan didirikan di atas balong. Dan bunga-bunga bertebaran di mana-mana…

Selamat ya Boer… semoga keluargamu dikaruniani kebahagiaan, keindahan dan kekuatan. Semoga menjadi keluarga sakinah. Dan.. salam buat si kecil..

No comments: