Saturday, December 22, 2007

Sholat Id Bareng Kishan


Idul Adha kemarin alhamdulillah anak-anak bangun pagi dalam keadaan segar. Jadilah semuanya diboyong ke lapangan. Sebelum pergi sempat ada sedikit kehebohan, Zaka keukeuh mengatur ulang tas berisi sajadah yang sudah saya siapkan. Alhasil beberapa lemari jadi terobrak-abrik, dan tas kudu diberesin lagi dan jadi rada telat deh..

Padahal rencananya datang ke lapangan waktu masih agak sepi, jadi Kishan yang suka bete di tempat rame bisa lebih tenang.. dan sempet disuapin dulu (he he.. keukeuh.. untuk urusan makan mah tidak boleh telat). Sesampainya di lapangan Zaka pake acara manja pula.. ngintil di belakang ibu dan pegang baju ibu.. hey, ini teh Zaka? Biasanya dia pede banget kalo ke mesjid, tapi kemaren tumben pisan Zaka beraaaat berpisah sama ibu. Pas udah mau ikut ayah pun tetep we liatin ibu dan jalannya lambaaat sekali menuju ke shaf pria.

Kishan awalnya santai dan tenang. Sambil menunggu, lumayan lah, sempet disuapin beberapa sendok sambil diceritain. Perbekalan memang lengkap. Dari nasi, kripik, permen, mainan, sampai buku cerita saya bawa untuk menenangkan Kishan. Belajar dari pengalaman tahun lalu, Kishan rewel berat saat diajak sholat Id.

Waktu adzan tanda sholat akan dimulai, saya pikir sudah aman. Kishan tenang, bermain dan membaca bukunya, perutnya juga sudah terisi. Ternyata oh ternyata. Begitu saya bertakbir langsung dia teriak, "IBUUUU....!!!" dan mulai menangis. Dan terus menangis makin keras. Waduh! Saya berusaha menenangkan, "De.. ibu sholat sebentar ya, 2 rakaat, Ade main dulu.. kan ibu masih di sini.. ". Dan dijawab dengan, "NDAAAA... NDAAAA.. NDAAAA...!!!". Keukeuh.

Akhirnya saya gendong dia. Dan mulai sholat lagi. Kishan langsung tenang. Menempel, memeluk erat saya dan meletakkan kepalanya di bahu saya. Akhirnya saya sholat Id 2 rakaat sambil terus menggendong Kishan. Saat ruku saya ikut ruku, Kishan dalam posisi miring, saat sujud Kishan saya baringkan di sajadah. Saat berdiri dan duduk, Kishan terus menempel.

Astagfirullah. Saya gak tau deh fiqih dan syariatnya gimana untuk sholat sambil menggendong anak. Keyakinan saya mah jika saya biarkan Kishan menangis keras, itu akan mendholimi orang lain yang sedang sholat... Sholat saya sendiri, Wallahu alam..
Selamat Hari Raya Idul Adha.. Semoga Allah menanamkan rasa cinta kepada-Nya seperti Ibrahim AS. mencintai-Nya.. amin..

2 comments:

Bundanya Tiara said...

ga apa2 neng, kan Allah yang paling tau shlat kita seperti apa...:-). Soalnya kalo Kishan dibiarinnangis, 'ebat' deh seluruh lapangan xixixixixixixi:-).

iLzie said...

iya.. gimana sih mbak, sholat sambil nggendong??
kemaren soalnya abi nangis juga, akhirnya aku gajadi sholat deh.
hihi.. maklum, gak berpengalaman sholat membawa bayi..