Saturday, July 10, 2010

Sedikit tentang Demam Berdarah, Nice to Know...

Saat Zaka dirawat di RS karena DB, saya meluangkan waktu untuk browsing, mencari tulisan tentang demam berdarah. Dan saya menemukan banyak cerita tentang yang bertahan melewati penyakit ini, tapi tidak sedikit juga kisah sedih yang tertulis. Karena Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. (info dari sini)

Sebagian besar dari kematian yang terjadi adalah akibat keterlambatan penanganan. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bukan bakteri, sehingga pengobatannya tidak menggunakan antibiotik. Sampai saat ini, belum ada obat khusus untuk membasmi virus demam berdarah yang terlanjur menginfeksi tubuh belum ditemukan. Pengobatan hanya ditujukan untuk mengatasi efek yang ditimbulkan oleh virus, seperti demam, kebocoran pembuluh darah, turunnya tekanan darah, dan lain-lain. Virus sendiri diharapkan akan diatasi imunitas tubuh kita.

Seseorang yang terkena DBD mengalami perubahan dalam permeabilitas pembuluh darah. Dinding pembuluh darah menjadi mudah ditembus cairan tubuh, akibatnya air dari pembuluh darah akan masuk ke dalam jaringan. Tubuh akan membengkak dan terjadi gejala pengentalan darah karena pembuluh darah kehilangan cairan. Hal ini terjadi pada anak saya, Zaka. Sejak demam hari ke-4 dia mulai membengkak. Pipinya gendut, tangan dan kakinya membesar dan perutnya membuncit dan terasa sangat keras. Beda lo rasa perutnya dengan kembung biasa, bila ditepuk dengan jari perutnya terasa padat, padahal dengan konsumsi makanan yang sangat sedikit selama sakit, tidak mungkin isi perutnya adalah makanan ;).

DBD identik dengan kadar trombosit yang makin lama makin rendah. Tapi pengobatan penyakit ini bukan dengan transfusi trombosit (kecuali untuk 'save life', ini istilah dokternya Zaka ;)). Pasien DBD mengalami kekurangan cairan (walaupun tampak luar badannya bengkak dan kembung, teuteuup yang namanya DBD mah kurang cairan) sehingga dibutuhkan cairan yang banyak untuk mengatasi efek kebocoran plasma, mengencerkan darah sehingga darah tidak pekat dan oksigen mudah dialirkan, dan meningkatkan trombosit.

Hal yang paling penting dalam DBD ini adalah diagnosis. Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil tes darah. Saya mah mengimbau pada para ibu untuk waspada, dan melakukan tes darah saat anak demam. Di hari ke-3 demam, biasanya hasil tes darah bisa menunjukkan adanya penurunan trombosit, leukosit dan kenaikan hematokrit yang bisa menjadi indikator virus DBD dalam darah.

Oya, walaupun bukan dokter saya ingin berbagi info tentang istilah-istilah yang dekat dengan DBD ya. Pengalaman saya mah, istilah-istilah tersebut membantu saya 'membaca' kondisi Zaka saat sakit. Para dokter.. tolong maafkan kalau salah ya... dan mohon ditambahkan ;).

Trombosit
Trombosit atau keping darah berperan dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit yang rendah bisa menimbulkan pendarahan karena proses pembekuan darah terganggu. Makanya saat trombositnya mencapai 50 ribu Zaka dilarang dokter untuk menyikat gigi, menggaruk, mengupil (hihiii.. itu mah selalu atuh ;p) dan digunting kukunya, untuk menghindari pendarahan yang sulit dihentikan jika ada luka.

Oya, trombosit yang rendah belum tentu berarti DBD lo. Penyakit lain seperti demam tifoid dan chikungunya juga bisa menyebabkan trombosit rendah. Jumlah trombosit normal adalah 200.000 - 400.000 keping/mm2. Di RS tempat Zaka standarnya adalah minimal 150.000 untuk rawat inap.

Leukosit
Sel darah putih atau leukosit adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel ini berfungsi membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jumlah yang sehat dalam tubuh adalah 7000-25.000 sel per tetes (wikipedia).

Leukosit tinggi berarti tubuh kita sedang melawan infeksi. Leukosit rendah (leukopenia) berarti tubuh kurang mampu melawan infeksi. Pada Zaka saat sakit DBD leukositnya berkisar antara 3000-5800.

Hematokrit
Hematokrit adalah proporsi volume darah yang berisi sel darah merah. Bahasa awamnya (yang saya mengerti heuheu) adalah kekentalan darah. Makin tinggi nilainya berarti makin kental darah, makin sedikit cairan di dalam pembuluh darah sehingga sulit untuk mengalirkan oksigen. Untuk anak Indonesia nilai hematokrit yang normal adalah 37-43%.

Saat trombositnya 50 ribu, hematokrit Zaka mencapai 49,2%. Padahal di atas 40% saja sudah dianggap tinggi. Tingginya hematokrit mengindikasikan adanya perembesan cairan keluar dari pembuluh darah, sehingga darah makin kental.

Albumin
Albumin adalah protein dalam darah yang diperlukan tubuh untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Albumin dalam darah membantu pembuangan cairan dengan cara menarik cairan yang berlebih dalam jaringan, kembali pada darah.

DBD bisa menyebabkan hipoalbuminemia, yaitu kekurangan kadar protein albumin dalam darah. Pada saat dirawat kadar albumin Zaka mencapai 2,6 g/dL. Padahal kadar normal albumin berkisar antara 3,8 - 5 g/dL. Selama dirawat 5 hari Zaka menghabiskan 3 botol albumin selama 3 hari. Fyi, kalau di rumah sakit umum harga albumin untuk infus ini lumayan mahal lo, kalo ga salah di atas 1,5 juta per botol.

Makanan penambah trombosit
Di luaran banyak informasi tentang makanan/minuman/suplemen yang bisa meningkatkan kadar trombosit. Yang sering dibahas adalah pocari, jus jambu biji, jus kurma, angkak, propulis hingga (yang paling enak nih ;p) es krim haagen dazs. Pada kasus Zaka, tidak ada yang memberikan pengaruh signifikan. Pada sepupu Zaka yang kena DBD pada waktu yang sama, es krim ini menaikkan trombositnya lo :).

Karena pencernaannya terganggu (mual berat, muntah-muntah, bahkan Zaka diare di hari ke-3 sampai ke-5 demam) maka Zaka nyaris hanya mengandalkan air putih (dan cairan infus). Pocari memang diminumnya hingga 1-2 liter perhari di awal demam, tapi ternyata kandungan asam di dalamnya membuat perutnya makin mual, begitu pula dengan jus jambu dan jus kurma yang makin merangsang muntahnya. Mungkin berbeda untuk tiap orang ya.. saya yakin ada yang berhasil :).

Menghadapi anak yang sakit rada beurat seperti DBD ini saya ingin berbagi beberapa tips:

1. Selalu waspada dengan demam. Jangan biarkan demam tinggi terlalu lama. Minggu kemarin demam Zaka mencapai 40,6 derajat celsius, hingga dia sangat gelisah, bahkan mengigau. Padahal baru diberikan penurun panas 3 jam sebelumnya. Untuk mengurangi panasnya, saya mengompres dan memandikannya dalam bathtub berisi air hangat. Lumayan sih, demamnya berkurang hingga 39 derajat. Setelah masuk RS saya baru tahu, bahwa ternyata ada obat panas yang bisa dimasukkan ke dubur saat demam lebih dari 39 derajat. Dan obat itu bisa diberikan bahkan jika penurun panas baru diberikan. Bener ya para dokter?

2. Jangan abaikan keluhan anak seperti mual, sangat pusing, pegal-pegal, sakit perut, nyeri di belakang bola mata (saat sakit Zaka tidak suka lampu menyala terang dan televisi.. membuat matanya tambah sakit katanya)

3. Usahakan tes darah setelah demam 3X24 jam. Tampaknya tes darah adalah cara paling tepat untuk menegakkan diagnosis penyakit DB (kalau ga salah flu burung juga perlu tes darah)

4. Perhatikan nilai trombosit, leukosit, hematokrit dari tes darah. Jika semua indikator menunjukkan positif DBD kuatkan hati untuk dirawat ya :). Insya Allah rumah-rumah sakit dan para dokter sudah sangat aware dengan penyakit ini dan pasien bakal tertangani dengan baik

5. Pastikan asupan cairan cukup. Baik lewat minuman, maupun infus. Kata dokternya Zaka mah pas masa-masa krisis DBD yang paling penting adalah asupan cairan. Btw saya pernah baca bahwa asupan cairan yang terlambat bisa menyebabkan kekentalan darah tinggi, sehingga pembuluh darah rapuh dan sangat sulit untuk diinfus. Makanya penderita DBD yang sudah parah kadang-kadang memerlukan vena session, infus di bagian kaki (benar?) karena di tangan darah sudah membeku.. Subhanallah..

6. Ibu mesti sehat, sabar dan tegar ya :). Selain cairan infus, pasien perlu minum sesering mungkin. Pada anak kecil mungkin butuh bujukan ekstra ya.. karena mereka pasti lemes banget dan pengennya tiduuur heuheuuu.. Oya,cemilan kecil berprotein/karbohidrat tinggi (biskuit, oreo, roti tawar) bermanfaat banget buat ganjel perut si pasien dan yang nungguin :p. Jangan lupa tisue basah karena anak seriiiiing banget BAB dan BAK.. karena makin banyak BAK berarti asupan cairannya cukup. Perhatikan juga BAB anak (maaf), jika warnanya hitam langsung laporkan pada dokter/perawat.

Semoga kita dan anak-anak kita selalu diberi kekuatan dan kesehatan ya moms..

Dari berbagai sumber. Mohon maaf ya kalau ada kesalahan tulisan maupun istilah.. maklum saya bukan dokter :p

10 comments:

Fitri3boys said...

Trims banyak infonya.......Zajka dah sehat khan ya...

Keke Naima said...

alhamdulillah kalo udah sehat ya.. DBD emang harus di waspadai. Kadang kita gak berasa di gigit nyamuk, tp tau2 kena DBD. Sy pernah ngalamin itu

MustBhagoezt said...

makasih atas infonya yang sangat berguna ini... maklum anak saya juga lagi kena DB dan malah ada berita simpang siur yang saya dapatkan..

Ade said...

untuk meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah, bisa minum obat tradisonal china, Fufang Ejiao Jiang

obatnya udah terbukti cepat meningkatkan trombosit. sudah ada uji klinis di beberapa rs di Indonesia, juga aman untuk semua usia, bahkan ibu hamil.


untuk info dapat dilihat di :
http://fufangejiaojiang.blogspot.com/

Unknown said...

Mengatasi perut membesarnya itu gimana? Anak saya sudah diperbolehlan pulang setelah tidak demam lagi selama hampir 2 hari,tapi perutnya masih membesar dan sakit kalau disentuh

Unknown said...

Hello, saya mau bertanya, saya demam hari kamis dan jumat kmren, kamis mlm perut saya sakit sekali sampai Di bawa tiduran pun masih sakit, dan badan lemas sma pusing pusing sampai skrng hei senin, hari sabtu demam berhenti sabtu mlm nya saya ke dokter dan dokter mengatakan untuk cek darah, hasilnya trombosit saya hanya 125.000 kondisinya bola mata saya juga sakit dan gusi membengkak, hari minggu cek darah lagi trombosit hnya 112.000. Dan skrng hari senin pagi perut saya sakit lagi, saya sudah mengkonsumsi obat dokter dari hari sabtu mlm. Dan dari hei kamis setiap makan dan minum terasa mual, tp tdk sampai muntah. Sbelum demam saya baru selesai *maaf datang bulan dan di hari pertama perut saya sakit juga. Mohon bantuannya, mungkin ada yg bsa jwb saya knpa krna sampai saat ini dokter belum kasih kepastian saya knpa

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Hallo mama zaka...anak saya lagi opname karna DB juga. Trombositnya menurun sampai cuma 43.000😭😭😭. Dan baru semalam masuk kamar, masukin harum infusnya susah..ya krn pembuluh darahnya rapuh. Sampai 3 x tusuk. Begitupun saat ambil darah..masyaAllah...kasian bgt mam,2 sampai 3 x tusuk,itupun di umek2 uratnya supaya darahnya keluar. Karna darahnya sudah kental jadi susah ngambil darahnya. Dan..saat ini saya masih galau luar biasa, semoga anak saya bisa secepatnya sembuh sehat seperti sedia kala. 😢😢

Unknown said...

Trims,, ya mama zaka kebetulan anak saya juga sedang dirawat dengan ciri ciri seperti yang mama zaka tulis. Saya jadi sangat terbantu untuk lebih menguatkan hati bahwa anak saya butuh penanganan lebih. Awalnya saya menganggap cukup dengan dirawat di rumah saja. Karena saya tidak suka melihat anak saya harus diinfus atau di ambil darahnya untuk di cek laboratorium. Namun ternyata ..tidak sesederhana itu. Jagoan saya butuh perawatan serius. Artikel ini sangat membantu saya.. Mohon doanya semoga jagoan saya cepat sembuh

kongsi share said...

💐Assalamualaikum slm sejahtera warga group📢
💐 Jom viralkan berita baik ni untuk pesakit kanser

1) Ni tentang hidup pesakit kanser stage 1-stage 4 ambik penawar yang harga berpatutan tapi kesannya setanding ubat harga mahal ribuan ringgit.Sebelum tu nak pesan,jangan abaikan temujanji doktor kalau ada.

2)Dah ramai yg sembuh dengan asbab penawar ni yg berunsurkan ubatan bahan semulajadi yg selamat diambil. Walaupon bahan semulajadi tapi amat berkesan sambil merawat bukan sekadar melegakan untuk sementara waktu.

Saya rasa xlengkap kalau saya explain satu persatu setiap jenis ubat ni.Lebih baik tanya sendiri pengasasnya sebab tiap penyakit ade ubt yang khusus. Baik bertanya sendiri pada pengasasnya dan beritahu anda sakit apa.Dia akan explain semuanya.

3)Pengasas jus ni dh banyak berdepan dengan pesakit2 kanser, ade ramai yg dh sembuh.


Sy share melalui pengalaman sy sdri yg mengikuti perkembangan pejuang2 kanser ni,sy sdri pon guna produk die dh 3thn.

Sy nak share ubat ni pd org lain jugak, tiada penyakit yang tiada ubat selain daripada mati, cubalah sebab setiap penyakit ada harapan sembuh.Kelemahan hati + putus asa akan lebih memudarat kan penyakit.TAPI JANGAN ABAIKAN APOINTMENT DOKTOR kalau ada.

Nanti kalau nak ikhtiar dgn ubatan dia,blh la join group whatsApp pejuang2 kanser,pengasas ada dalam group tu jugak, boleh la kenal2 pesakit die yg dh sembuh mcm yg sy knl,contohnye:
~~~~~~~~
▪ Pn. Hayati abd Hamid- Pensyarah Kanan UITM, kanser payudara stage 4.
Skg dia dh sembuh walaupon doktor bgtau dia boleh hidup 1tahun je lagi.
Dia mengarang sebuah buku berkenaan pengalaman sendiri melawan kanser dengan mengambil penawar jus ini sebagai rawatan alternatif selari dengan rawatan doktor (nk buku nti blh order)
~~~~~~~~
▪Adik Luqman -kanser GIST-Anoerectal Tumor
Skg dah sembuh dr kanser jus ni diambil selari dgn rawatan hospital.Apoinment x miss
~~~~~~~~
▪Adik Izzat b.muhd Ariffin ,kanser Burkit Lymphoma stage 4 sekarang dh sembuh
Gurunya beritahu dia tak pernah nampak macam pesakit kanser tahap 4, sebab sentiasa nampak cergas.Asbab jus yang memberi tenaga dan merawat.Dia minum jus ni dari kanser tahap 4 sehingga sembuh.
~~~~~~~~
▪Nani Faiza - kanser Usus Tahap 4 dan ketulan kanser 10cm telah merebak ke hati, bersabar dan setia merawat dengan jus herba ini tanpa mudah putus asa,sekarang sudah sembuh sepenuh nye. sel kanser sudah tiada.
~~~~~~~~
▪Pn. Rugayah Jilani -
Pesakit kanser payudara tahap 3B ketulan 10×10cm- sudah sembuh !
~~~~~~~~
▪Pn. Noridah Md Dom - Pesakit kanser ovari tahap 3 merebak ke tyroid dan lymph- sudah dapat kesan positif ,kesihatan beransur pulih.
~~~~~~~~

▪Puan Nor Sabariah
- Ada asthma sejak 11tahun dulu
-Selalu jatuh sakit sebab sesak nafas dan semput ,adakalanya kalau semput sampai tak mampu berdiri dan kena merangkak untuk bergerak
-Sering bergantung pada inhaler setiap pagi
-Setiap kali batuk teruk akan sesak nafas dan akan ke klinik untuk sedut gas
-Lepas minum jus herba, dia xsemput lagi setiap kali batuk teruk. Dah xpergi klinik lagi sedut gas, setiap waktu pagi xperlu guna inhaler macam dulu.
~~~~~~~~
5) Pesakit yang dah sembuh dari kanser menjalani kimo dan wajib minum jus kalau tak nanti effect dari kimo sangat ketara lemah nya jika tak ambil langsung.

👍🏻In sya Allah nanti boleh join group wasap dan boleh pinjam semangat pejuang2 yg lain

NOTE :
Ia BUKAN HERBA YG MEMANASKAN BADAN macam produk2 lain yang masukkan herba2 biasa. Ia boleh diambil sebagai suplement.

Call order wasap@call
En mohd zuhairi 0174687570
0174687570

#sharing is caring